Mau Mantap Berfoto, Kotengok Tipsnya ini ! - UCOK MEDAN

Ads

Travel

Mau Mantap Berfoto, Kotengok Tipsnya ini !

Mau Mantap Berfoto, Kotengok Tipsnya ini !
UCOKMEDAN.com - Sudah sepatutnya, bahwa sebuah keluarga punya foto keluarga yang dipajang di ruang tamu. Gaya foto keluarga biasanya berupa banyak orang yang berbaris sambil tersenyum lebar, tanda mereka sedang bahagia. Tidak jarang, di dalam foto tersebut, anggota keluarga tampak canggung dan tersenyum tidak natural. Namun, ada pula beberapa keluarga memilih gaya foto keluarga yang tidak biasa, seperti menentukan sebuah tema khusus, misalnya tema keluarga fotografer, berkebun bersama, santai di sebuah tempat, atau tema-tema lainnya. Kamu dapat mengambil banyak ide agar foto keluarga tampak lebih hidup.

Gaya Foto Keluarga Yang Bisa Kamu Terapkan

Perhatikan posisi

Dalam foto keluarga, posisi merupakan hal yang sangat penting untuk menunjukkan seberapa penting orang tersebut. Oleh karena itu, posisikan orang yang paling tua di tengah, sementara yang lebih muda di bagian samping. jila foto keluarga dilakukan di studio, maka harus dipikirkan komposisi dan penganturan anggota keluarga. Kakek dan nenek dapat duduk di bagian depan dengan pose duduk. Sementara, orangtua dan anak-anaknya berdiri di belakang kakek dan nenek. Ada baiknya bila orang yang lebih tua posisinya di tengah, untuk menunjukkan bahwa mereka adalah inti dari sebuah keluarga. 

Atur agar anggota keluarga saling berdekatan 

Hal ini berguna untuk membantu pemerataan distribusi cahaya bila memakai lampu kilat. Selain itu juga agar komposisinya lebih bagus dan tidak ada celah-celah antar anggota keluarga. Tapi perhatikan jangan terlalu dekat, agar masing-masing anggota tidak tertutup bayangan.

Jangan bergaya canggung

Bila memutuskan untuk melakukan pose berpegangan tangan, maka tangan harus ditunjukkan. Secara psikologis, berpegangan tangan menciptakan kesan dekat dan adanya ikatan batin. Begitu pula halnya dalam foto keluarga. Berpegangan tangan menciptakan kesan adanya ikatan antara orang-orang yang melakukannya. Jangan berpegangan tangan terlalu kuat karena akan terlihat dipaksakan di foto. Lakukan senatural mungkin. 

Komposisi segitiga

Komposisi segitiga adalah komposisi yang solid dalam foto kelompok, seperti foto keluarga. Selain itu, akan membuat foto terlihat lebih baik. Caranya, atur orang yang berpostur paling tinggi di tengah kemudian yang paling pendek di bagian pinggir.

Berekspresi secara alami

Saat melakukan foto keluarga, usahakan berekspresi sealami mungkin. Lakukanlah ekspresi yang hangat, misalnya, nenek dan kakek melihat cucu-cucunya dengan senyuman. Karena foto keluarga dengan pencahayaan yang bagus dan kecanggihan studio akan percuma bila ekspresi yang ditampilkan tidak tulus. Dengan ekspresi yang tepat, foto keluarga akan terlihat kuat. Bisa juga dengan melakukan ekspresi tertawa secara bersama-sama. 

Rancang pemilihan latar belakang foto

Kesan harmonis dapat ditampilkan dengan adanya sebuah tema yang menyatukan anggota keluarga dalam foto keluarga tersebut. Tema tersebut dapat dipilih sesuai selera. Bila ingin terkesan lebih formal, bisa menggunakan tema ruangan yang rapi. Bisa juga dengan memakai kostum yang sama atau selaras. Dalam foto keluarga, sebaiknya jenis dan warna pakaian sama antar anggota keluarga sehingga melukiskan keluarga yang kompak dan bersatu. Pakaian yang memiliki satu warna saja (polos) biasanya paling netral dan bagus untuk foto keluarga. Hindari pakaian yang memiliki banyak gambar, tulisan, logo atau ornamen. Sementara, bila ingin terkesan lebih santai, bisa dengan memilih latar belakang taman.

Pilih dan pakai make up yang tepat

Untuk make up, sebaiknya hindari make up yang bernuansa gelap terutama di sekitar mata dan pipi. Pakailah pakaian dan aksesoris yang berwarna cerah tapi tidak terlalu terang. Hindari juga memakai lipstik yang glossy dan lotion yang berkilau, karena akan memantulkan cahaya sehingga di bagian bibir dan kulit nantinya akan ada bintik putih dan memantulkan cahaya.

Perhatikan lokasi foto

Bila kita berada di luar ruangan, jangan lupa mencari tempat yang teduh bagi semua anggota keluarga, sehingga jatuhnya cahaya ke wajah setiap orang sama dan tidak belang-belang. Juga pastikan cahaya matahari tidak langsung menyinari wajah karena bisa menyilaukan.

Bila cahaya matahari di belakang, seringkali kita perlu bantuan tambahan cahaya dari lampu kilat supaya subjek foto tidak menjadi gelap.
Selain itu, bila di dalam ruangan dan menggunakan meja, lebih baik memanfaatkan bagian meja yang panjang sehingga jarak antara kamera dan setiap orang kurang lebih sama. Hindari mengambil foto dari ujung meja, karena wajah orang yang dekat akan terlihat besar sekali dan yang jauh akan kecil sekali. Bila memakai flash, hal ini menjadi lebih bermasalah karena wajah orang yang dekat akan sangat terang dan yang jauh akan gelap.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mau Mantap Berfoto, Kotengok Tipsnya ini !"

Post a Comment