USU, Tempat Alternatif Wisata Murah Meriah di Medan - UCOK MEDAN

Ads

Travel

USU, Tempat Alternatif Wisata Murah Meriah di Medan

USU, Tempat Alternatif Wisata Murah Meriah di Medan
UCOKMEDAN.com - Universitas Sumatera Utara atau USU adalah salah satu universitas tertua di Sumatera Utara, berdiri sejak 1952 hingga kini memiliki 15 fakultas. Luas wilayahnya yang mencapai 122 hektar ini memiliki empat pintu masuk besar di sepanjang Jalan dr. Mansyur dan dua pintu masuk yang hanya muat dilalui pejalan kaki serta sepeda motor di dekat Kampung Susuk dan Sumber.

Begitu mudahnya akses masuk ke USU ternyata menarik minat masyarakat Medan selain mahasiswanya sendiri untuk memanfaatkan akses jalan serta beberapa fasilitasnya yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang murah meriah. 
Awalnya tempat-tempat yang dijadikan kawasan wisata oleh masyarakat ini adalah semata fasilitas kampus yang diperuntukkan kepada mahasiswanya. Namun oleh masyarakat yang sering melintas di USU, fasilitas tersebut juga mereka manfaatkan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau kekasih dan sarana olahraga pada pagi dan sore hari.
Setiap hari, sekitaran gedung Biro Rektor USU sampai auditorium akan kita jumpai orang-orang yang sedang lari sore, main bulutangkis, sepakbola atau sekedar jalan-jalan dan memberi makan rusa serta beberapa satwa lain yang sengaja dipelihara di depan Biro Rektor.
Kebutuhan wisata dan ruang terbuka hijau di Medan ternyata banyak di dambakan oleh masyarakatnya, seperti penuturan Bapak Said belum lama ini yang hampir setiap sore menghabiskan waktu bersama keluarganya untuk sekedar jalan-jalan di USU dan berolahraga ringan. 
"Budget yang di habiskan setiap berkunjung ke sini juga murah, hanya bermodal jajanan yang selalu di jajakan pedagang keliling di sekitaran USU dan wortel untuk memberi makan rusa juga ada yang menjual, hal itu sudah cukup memberikan kegembiraan kepada anak-anak saya," ucap Bapak Said. Harapannya semoga USU menambahkan fasilitas olahraga seperti di Merdeka Walk dan toilet yang nyaman.
Fani alumni USU yang baru saja menamatkan kuliahnya juga masih sering memanfaatkan fasilitas kampusnya untuk menghilangkan penat setelah seharian di sibukkan oleh aktifitas. "Biasanya saya sering lari sore mengelilingi auditorium atau duduk-duduk sama kawan di dekat danau perpusatakaan, untuk aktifitas ini tidak membutuhkan uang yang banyak yang penting bisa kumpul sama kawan dan sehat juga pastinya," ungkap Fani. 
Tetapi, karena mudahnya akses ke dalam USU ia menyayangkan kelalaian petugas keamanan karena masih banyak pengamen dan pemulung yang berlalu-lalang sehingga menurutnya hal itu cukup mengganggu dan juga kurangnya fasilitas toilet bersih.
Bang Putra seorang petugas keamanan yang sudah 10 tahun bekerja di USU menyatakan tidak adanya larangan kepada masyarakat untuk berkunjung ke USU walaupun memanfaatkan fasilitasnya selama hal itu tidak berkaitan dengan tindak kriminal dan asusila tetapi untuk pemulung, pengamen, dan pedagang kaki lima akan selalu kami ingatkan untuk tidak berada di areal kampus karena hal itu memang tertera dalam peraturan USU tuturnya.
Sudah seharusnya sebuah kota apalagi sebesar kota Medan menyediakan ruang terbuka hijau yang layak untuk dimanfaatkan maasyarakatnya untuk berwisata, beruntungnya masih ada kawasan wisata yang di sediakan USU untuk masyarakat Medan secara cuma-cuma.
Sumber : Ceritamedan.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "USU, Tempat Alternatif Wisata Murah Meriah di Medan"

Post a Comment