Alamak... Puan Meminta Rakyat Untuk Diet - UCOK MEDAN

Ads

Travel

Alamak... Puan Meminta Rakyat Untuk Diet

Alamak... Puan Meminta Rakyat Untuk Diet
UCOKMEDAN.com - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabinet Kerja Republik Indonesia Puan Maharani menuai kecaman dari masyarakat di negeri ini. Bagaimana tidak pernyataan yang meminta rakyat miskin untuk diet dan tidak makan terlalu banyak tentu sangat menggores hati rakyat. Padahal usahkan mau makan banyak, makan sedikit saja susah.

Sebagaimana diberitakan media, saat merespons permintaan Gubernur Bali Made Mangku Pastika agar alokasi beras untuk rumah tangga miskin di Bali ditingkatkan, Puan mengatakan, "Jangan banyak-banyak makan lah, diet sedikit tidak apa-apa."
Lah...

Entah konteksnya bercanda atau serius, setiap pernyataan terbuka seorang pejabat publik tentu tidak terlepas dari sorotan publik. Jika Puan Maharani hanya berniat bercanda, tentu ujungnya adalah penilaian bahwa Ibu Menteri tidak peka rasa. Soal mengurangi atau bahkan menahan untuk tidak makan bukanlah hal yang perlu disarankan kepada rakyat miskin. Tanpa saran Puan pun, jangan-jangan rakyat miskin di Indonesia sudah tidak pernah bisa makan banyak-banyak.

Lain halnya jika pernyataan Puan tersebut diseriusi. Apakah pernyataan itu bukan berarti pemerintah saat ini memang tidak berniat untuk menambah alokasi beras untuk rakyat miskin?

Yang pasti, Mangku Pastika tentu tidak sedang bercanda. Lebih dari Bali semata, upaya pengurangan kemiskinan di Indonesia pun masih belum menggembirakan. Realitasnya, merujuk data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) pada awal Januari 2016, jumlah penduduk Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan hingga September 2015 mencapai 28,51 juta atau 11,13 persen dari total penduduk Indonesia. Data itu meningkat jika dibandingkan setahun sebelumnya, di mana pada periode September 2014 jumlah penduduk miskin masih sekitar 27,73 juta jiwa atau 10,96 persen penduduk Indonesia. BPS menyatakan, kenaikan tersebut antara lain dipicu oleh kenaikan harga beras.
Nah...

Setiap lontaran pernyataan bisa diinterpretasikan beragam dan bisa mempengaruhi banyak hal. Pernyataan pejabat publik adalah semacam promissory note yang bisa kapan saja ditagihkan oleh publik, terlebih publik-penuntut selalu ingin semakin cepat semakin baik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alamak... Puan Meminta Rakyat Untuk Diet"

Post a Comment