Kepala Dinas Pendidikan Sumut Masri, Ditahan Kejaksaan - UCOK MEDAN

Ads

Travel

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Masri, Ditahan Kejaksaan

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Masri, Ditahan Kejaksaan
UCOKMEDAN.com - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Masri ditahan Kejaksaan Negeri Medan usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik tindak pidana khusus (Pidsus) selama sekitar enam jam pada Kamis (4/2). Masri merupakan tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan peralatan sekolah di SMKN Binaan Provinsi Sumut Tahun Anggaran 2014 sebesar Rp11,57 miliar. Dalam kasus ini, negara dirugikan sebesar Rp4,8 miliar.

Usai menjalani pemeriksaan, Masri yang mengenakan kemeja batik ini langsung dibawa ke Rutan Tanjung Gusta Medan. Ia enggan mengeluarkan satu kata pun saat dicecar pertanyaan oleh para awak media. Pengacara Masri, Syafri Nur lah yang kemudian berkomentar. Menurut Syafri, kliennya saat ini dalam kondisi tidak sehat karena penyakit komplikasi yang dideritanya.
"Dari kemarin malam dirawat," ujarnya.

Syafri pun menegaskan, pihaknya akan mengajukan gugatan praperadilan atas penahanan Masri. Menurutnya, penahanan tersebut tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan yang ada. "Minggu depan akan kami ajukan," ujar Syafri.

Sementara itu, Kepala Kejari Medan, Samsuri mengatakan, penahanan ini atas pertimbangan subjektif penyidik Pidsus.
"Karena sudah dipanggil beberapa kali, pernah mangkir juga walaupun ada alasan. Ini yang keempat kalinya (dipanggil). Ada 30 pertanyaan yang diajukan tadi dan penyidik berkesimpulan bahwa tersangka ditahan," kata Samsuri di gedung Kejari Medan.

Masri ditahan di Rutan Tanjung Gusta Medan selama dua puluh hari ke depan. Ia diduga melanggar Pasal 2 Ayat 1 subsider Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam kasus ini, penyidik juga telah menahan Kepala SMKN Binaan Provinsi Sumut, M Rais dan Kasubbag Tata Usaha SMKN Tersebut, Riswan pada 30 November lalu. Samsuri pun menegaskan, penyidik masih terus mengembangkan kasus ini, termasuk dengan memeriksa rekanan proyek.

"Nanti berikutnya (pemeriksaan rekanan). Tunggu perkembangan," ujar Masri. Sebelumnya Masri juga telah "memakan korban" seorang Kepala Sekolah SMK Binaan Pempropsu Muhammad Rais yang terjebak oleh "permainan" Masri.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kepala Dinas Pendidikan Sumut Masri, Ditahan Kejaksaan"

Post a Comment