Hari ini, Penaklukan Konstantinopel Oleh Muhammad Al Fatih - UCOK MEDAN

Ads

Travel

Hari ini, Penaklukan Konstantinopel Oleh Muhammad Al Fatih

UCOKMEDAN.com -Pada 29 Mei 1453 Sultan Mehmet Fatih menaklukan Konstantinopel -- kota yang selama seribu tahun lebih berada di bawah Kekaisaran Romawi Timur -- dan mengubahnya menjadi Istanbul..

29 Mei 1453, dipimpin Sultan Mehmed II (محمد ثانى) atau juga dikenal sebagai Muhammad "Al-Fatih" (Sang Penakluk), pusat kekuasaan Byzantium itu akhirnya berhasil ditaklukan, sekaligus pembuktian kebenaran Nubuwah Nabi Muhammad SAW.

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]

Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel adalah pusat dunia Barat sekaligus pertahanan Kristen terhadap Islam. Selama itu pula kota ini tak lepas dari ancaman, namun selalu selamat dari penyerangan rata-rata setiap empat puluh tahun. Hingga akhirnya, sultan Usmani, Mehmet II, pemuda 21 tahun yang haus keagungan, berhasil melewati tembok

pertahanan kota dengan bala tentaranya yang sangat besar.

Jika anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven, maka perang antara Constantine XI Paleologus (kaisar Byzantium ke-57) dengan Muhammad Al-Fatih jauh lebih ketat, tidak hanya dalam hitungan hari tapi berminggu-minggu. Sultan muda dari kerajaan Turki Ustmani ini berhasil menuntaskan amanat Rasul sekaligus mimpi umat Islam selama delapan abad.

Sultan Muhammad Al-Fatih mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai 6 bahasa saat berumur 21 tahun. Ia dikenal sebagai seorang pemimpin yang hebat, pilih tanding, dan tawadhu'.

Kejayaannya dalam menaklukkan Konstantinopel menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepemimpinannya serta taktik dan strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tentaranya. Ia merupakan anak didik Syekh Syamsuddin yang masih merupakan keturunan Abu Bakar As-Siddiq.

Ia jugalah yang mengganti nama Konstantinopel menjadi Islambol (Islam keseluruhannya), dan kini dikenal dengan nama Istanbul.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hari ini, Penaklukan Konstantinopel Oleh Muhammad Al Fatih"

Post a Comment