Lion Air JT 309 Alami Gangguan Kelistrikan di Kualanamu, Puluhan Penumpang Pindah Pesawat. . - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Lion Air JT 309 Alami Gangguan Kelistrikan di Kualanamu, Puluhan Penumpang Pindah Pesawat. .



UCOKMEDAN.com - Lion Air penerbangan JT 309 mengalami gangguan kelistrikan, Minggu (18/11/2018) malam, di Bandara Internasional Kualanamu.
Pesawat tersebut melayani rute Medan ke Jakarta.
Karena merasa tidak nyaman beberapa penumpang membatalkan penerbangan dan memilih dengan pesawat

Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan bahwa sebelumnya operasional sudah dijalankan sesuai dengan standar prosedur.

Disebut kalau pesawat JT-309 itu sudah dipersiapkan dengan baik.

"Total ada tujuh kru beserta 209 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan lima balita. Petugas layanan darat (ground handling) mempersiapkan semua peralatan pendukung (ground service equipment), keseluruhan peralatan dalam kondisi layak beroperasi dan normal. Selain itu, pesawat telah menjalani proses pemeriksaan sebelum terbang (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight)," ujar Danang saat dikonfirmasi Tribun Medan, Senin (19/11/2018).

Ketika proses penumpang masuk ke pesawat selesai lanjut Danang, dan posisi pesawat masih di landas parkir (apron), sekitar pukul 20.07 WIB tiba-tiba Ground Power Unit (GPU), perangkat yang menyediakan sumber energi pesawat ketika berada di darat mengalami penurunan daya (down).
Hal itu menyebabkan sistem listrik pada kabin pesawat menjadi terganggu.

"Karena itu, guna memastikan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan, teknisi, pilot dan ground handling segera melakukan pengecekan. Atas koordinasi dan kerjasama yang tepat antara pilot, ground handling dan teknisi, kendala pada GPU tersebut segera teratasi, dengan cepat mengganti menggunakan GPU lainnya dan kondisi pesawat dalam keadaan normal kembali. Kejadian ini lumrah dan bisa dialami oleh pesawat lain. Ya terganggu sebentar (pendingin ruangan)," katanya.

Untuk lebih menjaga kenyamanan penumpang ia mengakui terdapat 24 penumpang meminta untuk kembali menuju  ruang tunggu terminal.

Sementara penumpang lainnya masih berada di dalam kabin.

Disebut kalau Lion Air sudah memfasilitasi sesuai permintaan 24 penumpang antara lain melakukan pengembalian dana (refund), pindah penerbangan lain (transfer) dan perubahan jadwal berangkat (reschedule) menurut aturan yang berlaku.

"Kita dari Lion Air telah menginformasikan penundaan keberangkatan JT-309 kepada seluruh penumpang dan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) berdasarkan ketentuan. Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul. Lion Air telah menerbangkan kembali JT-309 pukul 21.27 WIB dengan pesawat yang sama. Penerbangan ini memberangkatkan tujuh kru, 185 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan lima balita. Pesawat sudah tiba di Soekarno-Hatta pada 23.23 WIB tadi malam. Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu," katanya.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto menyebut berdasarkan pantauan bahwa penangan manajemen delay dilakukan dengan baik dan dilakasanakan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

"Beberapa penumpang Lion Air JT 309 melakukan refund, pindah penerbangan transfer atau melakukan re schedule. Dan setelah dilakukan perbaikan, akhirnya penerbangan Lion Air dengan nomor penerbangan JT309 pada pukul 21.27 WIB terbang ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang," kata Wisnu.

Sumber : http://medan.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Lion Air JT 309 Alami Gangguan Kelistrikan di Kualanamu, Puluhan Penumpang Pindah Pesawat. ."

Post a Comment