Mahasiswa USU Pamerkan Produk Lampu Sehat pada Pekan Inovasi Sumut 2018 - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Mahasiswa USU Pamerkan Produk Lampu Sehat pada Pekan Inovasi Sumut 2018



UCOKMEDAN.com - Mahasiswa FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) turut memamerkan karya hasil inovasi mereka pada event Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018 di lapangan Benteng Medan, Rabu (14/11/2018).

Salah satu karya unik yang merupakan produk inovasi mahasiswa USU tersebut mereka namakan Lampu sehat, hemat daya, dan berteknologi tinggi (Lampu Sehati).

Dinda Dwi Rahmadayani selaku perwakilan tim pembuat Lampu Sehati mengatakan bahwa produk inovasi mereka tersebut Punya tiga jenis sistem. Pertama, mengunakan sistem sentuh untuk menyalakan. Kedua, menggunakan sistem adjustable untuk mengubah warna lampu secara manual. Ketiga,  mengubah warna lampu sesuai selera dengan android menggunakan Aplikasi bluetooth.

"Lampu tersebut sampai saat ini terdiri dari 4 model. Ada model minimalis, bentuk candi, bunga kerang, dan petromak. Lampu ini umumnya untuk lampu tidur, dan menggunakan led sehingga hemat energi," ujarnya Rabu (14/11/2018).

Dinda menuturkan, pembuatan karya inovasi mereka terebut awalnya dimulai dari keikutsertaan mereka pada program kreativitas mahasiswa (PKM). Setelah itu, kata Dinda, karya mereka itu kemudian ikut diperlombakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas ) ke 31 yang digelar di universitas negeri Yogyakarta.

"Kami dari prodi Fisika USU ada lima orang anggota, yakni Dara Azdena, Ahmad Wahyudi , Dinda Dwi Rahmadayani, Syarifah Indana, dan Rika Rahmayanti. Hasilnya kami memperoleh juara dua di cabang poster dan menyabet medali perak (silver medal)," terangnya.

Saat ini, sambung Dinda, Produk lampu sehati karya mereka ini sudah terjual sebanyak 88 buah. Proses pemasaran dan penjualannya mereka lakukan secara online lewat media sosial Instagram dan juga secara offline yang dibeli oleh mahasiswa dan dosen USU

Ke depannya, lanjut Dinda, mereka pun berencana untuk terus mengembangkan produk inovasinya itu. Rencananya pada produk lampu mereka akan ditambahkan baterai sebagai alternatif sumber energi lampu. Selain itu mereka juga akan melakukan pengembangan bentuk dan model serta sedang dalam proses pendaftaran hak merek ke Ditjen HAKI KemenkumHAM RI.

"Produk kami ini juga sudah mendapat hak paten atas nama lampu hias pintar. Bagi yang berminat silakan datang langsung ke stand USU pada pekan inovasi SUMUT 2018 dilapangan Benteng Medan. Untuk melalui online yang berminat dapat mengunjungi IG kami di @Lampusehati. Harganya berkisar antara Rp 100000-150000," tandas mahasiswi stambuk 2015 itu.

Sumber : http://medan.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mahasiswa USU Pamerkan Produk Lampu Sehat pada Pekan Inovasi Sumut 2018"

Post a Comment