Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018, Mahasiswa USU Pamerkan Hidroponik Sumber Tenaga Surya - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018, Mahasiswa USU Pamerkan Hidroponik Sumber Tenaga Surya

Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018, Mahasiswa USU Pamerkan Hidroponik Sumber Tenaga Surya

UCOKMEDAN.com - Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi peserta pada kegiatan Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018 yang digelar di lapangan Benteng Medan, Selasa (13/11/2018).

Pada event tersebut, sejumlah produk inovasi hasil karya mahasiswa turut dipamerkan di stand USU. Salah satunya adalah Hidroponik Sumber Tenaga Surya disertai Sensor PH Otomatis.


Kepada Tribun Medan, M.Rifai Piliang perwakilan mahasiswa yang membuat langsung produk tersebut mengatakan, Hidroponik Sumber Tenaga Surya disertai Sensor PH Otomatis merupakan produk inovasi mereka di bidang pertanian.

Dijelaskannya, dengan inovasi seperti Hidroponik Sumber Tenaga Surya maka dapat meminimalisir penggunaan lahan dalam kegiatan pertanian.

"Tanaman hidroponik yang ditanam adalah pakcoy yakni sawi cina. Bisa juga jenis sayuran lainnya seperti sawi, selada, dan kangkung," ujarnya kepada tribjn edan, Selasa petang (13/11/2018).

Lebih lanjut, Rifai mengatakan bahwa produk inovasi pertanian tersebut dikerjakannya bersama rekannya bernama Lili Arianto dan dipandu oleh dosen mereka.

Keunggulan produk inovasi tersebut kata Rifai, sumber energi tenaga penggerak pompanya menggunakan panel Surya.

"Jadi panel Surya menyerap cahaya dan mengubah (konversi) untuk menjadi energi listrik agar pompa bisa bergerak dan mengalirkan air ke pipa tanaman hidroponik," terangnya.

Lebih lanjut, kata Rifai produk inovasi tersebut juga menggunakan sensor ph otomatis untuk mengukur tingkat keasaman pada air hidroponik.

"Jadi ph yang bagus bagi tanaman itu 5-6. Jika ph tanaman terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, maka air akan dicampur dengan zat kimia yang sesuai untuk menetralkan kembali tingkat keasaman tanah. Setelah dicampur air akan dialirkan ke tanaman," jelasnya.

Ke depan, sambung Rifai mereka akan kembali mengembangkan produk inovasi mereka itu dengan menambahkan sensor nutrisi otomatis. Fungsinya kata Rifai untuk mengetahui kadar nutrisi pada air.


"Tanaman hidroponik ini bisa ditempatkan di halaman atau teras rumah jadi tanaman hias juga. Bagi yang berminat dapat mendatangi stand USU di pekan inovasi Sumut 2018," tandas mahasiswa prodi keteknikan pertanian stambuk 2014 ini.

sumber: Tribun Medan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pekan Inovasi Sumatera Utara 2018, Mahasiswa USU Pamerkan Hidroponik Sumber Tenaga Surya"

Post a Comment