Tiga Ton Kopi Karo Diekspor ke Amerika Serikat - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Tiga Ton Kopi Karo Diekspor ke Amerika Serikat

Tiga Ton Kopi Karo Diekspor ke Amerika Serikat

UCOKMEDAN.com - Kopi Indonesia merupakan salah satu komoditi perkebunan terbesar di Indonesia yang  banyak diekspor keseluruh dunia.

Kopi Indonesia sudah terkenal akan kualitasnya yang baik. Aroma dan rasa kopi Indonesia yang unik membuat kopi Indonesia banyak diekspor ke luar negeri.


PT. Alpha Gemilang Sejahtera melakukan pengiriman dan pemberangkatan eksport kopi karo kedua kalinya menuju Palm Beach, California, USA.

"Kita ekport kopi karo sebanyak 3 ton ke California, USA untuk kedua kalinya," ujar Direktur PT Alpha Gemilang Sejahtera, Ujiana Sianturi, Rabu, (14/11/2018) di Kantor Dinas Perkebunan Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan.

Ia mengatakan kopi yang diekspor tersebut berasal dari kelompok tani, Kahowa.

"Kopi diproses di Kahowa, kita langsung ke petani. Harga kopi juga kita harus transparan, kita berbeda dengan ekportir lain," ujarnya.

Ujiana menambahakan harga kopi selalu naik dan tetap, kali ini, harga kopi yang ia ekspor senilai 7,9 USD atau sekitar Rp 120 ribu perkilogram.

"Kami kerahkan semua usaha untuk sortir kopi terbaik, dalam tiga hari ini, kopi dijemur terus agar kadar air kopi menjadi lebih baik. Kopi Sumut primadona kopi dunia, dapat dilihat dari segi rasa," ungkapnya.


Menurutnya, ada beberapa teman ekportir bilang bahwa tidak ada dukungan pemerintah untuk para eksportir dan hal itu ditolak keras oleh Ujiana.


"Saya katakan pada ekportir lainnya itu, mohon maaf pak, kita tidak sepaham dalam hal ini, pelaku usaha atau ekportir itu didukung oleh pemerintah. Kita difasilitasi pameran, kita difasilitasi booth bahkan surat-surat dokumen kita juga dari pihak pemerintah," katanya.

Ujiana  menambahkan sekitar bulan Juli lalu, ia diajak oleh Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara, Herawati agar mengikuti pameran
di Jakarta, tepatnya di Gedung Kompas.

"Disanalah saya dapat buyer dari Amerika ini, saya follow up terus, kami bawa kopi karo. Setelah kita follow up, buyer jadi tertarik untuk kopi Indonesia. Buyer itu pun sedang membangun gudang dan pabrik kopi," jelasnya.


Ia mengatakan pihaknya juga mengirimkan beberapa sampel kopi kepada buyer tersebut diantaranya kopi Simalungun, Samosir, Mandaling dan Lintong.

"Pada saat pameran kita bawa kopi karo, lalu saya kirim juga sampel kopi lainnya, karena ditanya juga oleh buyer tersebut. Kopi karo akan berangkat tanggal 17 November 2018. Besok tanggal 15 November sudah closing kapal dan sampai di California sekitar tanggal 23 Desember 2018, ada sekitar 45 hari sampai ke Palm Beach, California, USA," jelas Ujiana.

Dalam kesempatan yang sama,
Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara, Herawati mengatakan atas nama Pemrovsu, ia berterima kasih untuk para ekportir, khususnya pada ekportir kopi, Ujiana, yang selama ini sudah mengeksport kopi.

"Kita sudah tahu banyak kopi Indonesia sudah dikirim ke negara tujuan yakni USA, Germany, Japan, Canada, Vietnam, Belgium. Langka nyata ekportir ini diharapkan turut membina para petani," ucap Herawati.

"Kita pemerintah mempunyai banyak keterbatasan, baik anggaran dan SDM. Saya mengharapkan kepada perusahan seperti Ibu Ujiana melakukan hal yang demikian, kita mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari pada ekportir ini untuk mengambil potensi para petani," tambahnya.

Herawati mengatakan tujuan utama  pemerintah pastilah untuk membangun desa, mensejahterakan petani sekaligus, mengimplementasikan, dengan misi bermartabat di dalam kehidupan dan adanya peningkatan ekonomi petani.


"Sebenarnya para petani memiliki banyak potensi, hanya saja banyak keterbatasan dalam SDM (Sumber Daya Manusia). Para ekportir juga dapat meningkatkan produktivitas dengan melakukan pendampingan, sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat, agar mutu kopi sesuai dengan yang diinginkan konsumen di luar negara," ujarnya.


sumber: http://medan.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tiga Ton Kopi Karo Diekspor ke Amerika Serikat"

Post a Comment