Gunakan Pukat Hela, Nakhoda Kapal Ini Diputus 14 Bulan Penjara - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Gunakan Pukat Hela, Nakhoda Kapal Ini Diputus 14 Bulan Penjara



UCOKMEDAN.com -Nakhoda Kapal Motor (KM) Naburju II Haris Subeni tampak gelisah saat menjalani putusan dalam sidang yang berlangsung di Ruang Cakra 5 Pengadilan Negeri Medan ini. Pria 43 tahun tersebut dinyatakan bersalah terkait penggunaan pukat hela (trawl).

Hakim Gosen Butarbutar dalam amarnya menyatakan perbuatan Haris Subeni bersalah merusak ekosistem laut dan keberlanjutan kehidupan perikanan


"Perbuatan terdakwa bersalah melanggar pasal 71 A UU RI No 45 tahun 2009 tentang perikanan, yang  dengan sengaja memiliki, menguasai, membawa, dan/atau menggunakan alat penangkap ikan dan/atau alat bantu penangkap ikan yang mengganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan di kapal penangkap ikan di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia," ucap Gosen.

"Mengadili terdakwa Haris Subeni dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 2 bulan, dengan denda Rp 100 juta subsider 2 bulan kurungan," sambungnya dalam sidang yang berlangsung, Selasa (11/12/2018) sore.

Putusan tersebut tak bergeser sedikit pun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andreas Pasaribu. Bahkan, kapal terdakwa menangkap ikan dalam amar hakim diperintah untuk dimusnahkan.

Diketahui dalam kasus ini terdakwa Haris Subeni pada Minggu (28/10/2018) selaku nakhoda beranjak menuju  posisi 03° 49’ 421” N – 98° 43’ - 958” E atau di sekitar 300 Meter arah timur laut dari Bui perairan belawan provinsi Sumut yang masih wilayah perairan teritorial Indonesia atau setidak - tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Perikanan pada Pengadilan Negeri Medan.

Namun di tengah laut, personel Ditpolair Polda Sumut memeriksa kapal yang dinakhodai Haris. Nahas saat itu, Petugas menemukan adanya pukat hela (trawl) dalam kapal yang digunakan untuk menangkap ikan.

Dalam kasus ini, seorang pemilik kapal berinisial A masih diburu polisi. Diketahui orang tersebut tinggal di Komplek Cemara, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.

"Ada satu orang lagi yang masih buron. Itu pemilik kapal berinisial A, usia 48 tahun. Masih dicari oleh petugas kepolisian,"


Sumber : http://medan.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Gunakan Pukat Hela, Nakhoda Kapal Ini Diputus 14 Bulan Penjara"

Post a Comment