Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan - UCOK MEDAN | Ini Medan Bung !

Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan

Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan

UCOKMEDAN.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Hidayati membenarkan penurunan jumlah wisatawan Mancanegara terutama pada bencana alam.

Menurutnya faktor ini yang membuat para turis takut untuk masuk atau datang berlibur ke Danau Toba dan daerah-daerah lain di Sumut.


"Memang penurunan ini bisa melihat adanya kejadian bencana alam, ini membuat pengaruh kepada dunia pariwisata," ucap dia, yang dihubungi langsung Tribun Medan, melalui sambungan telepon genggam, Selasa (8/1/2018).

Tetapi dengan terjadinya bencana alam ini, dirinya tidak mengatakan apakah karena ulah manusia atau bagaimana. Namun pihaknya akan berusaha lebih lagi dan ke depannya akan membuat sebuah strategi.

"Kami akan membuat strategi kedepannya, kami akan melakukan penataan destinasi dan harus kita tingkatkan, kita akan meminta anggaran lebih untuk ini, prihal ini ini juga untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainya," katanya.

Strategi ini nanti ke depannya, akan adanya pembangunan atau penambahan fasilitas-fasilitas berupa toilet umum, Masjid atau Mushalla, dan juga tempat-tempat berupa taman yang menjadi lokasi berswafoto.

"Kami juga akan meningkatkan kuliner halal kepada para wisatawan, ke depanya akan membuat destinasi nyaman," ujarnya.


Selain itu, dirinya juga akan mengadakan beberapa event besar pada tahu ini. Event ini sendiri meliputi acara adat pada suatu daerah yang akan dipromosikan pada dalam dan luar negeri.

"Kami akan melakukan event nasional pada tahun ini, kami akan mendukung event daerah untuk dapat dijadikan event besar dan mendatangkan Turis Mancanegara," katanya.

Lebih lanjutnya, sebuah tempat wisata itu sendiri bila hendak dikunjungi oleh ratusan bahkan ribuan wisatawan, haruslah dimulai dari sadar pariwisata yaitu perlakukan baik dari masyarakat setempat. Menurut Hidayat, masih ada beberapa wilayah atau tempat wisatawan di Sumut sendiri di mana masyarakatnya masih rendah akan sadar pariwisata.

"kami akan melakukan sadar pariwisata yang lebih ditingkatkan, pada sebuah acara di daerah itu biasanya harga jual mahal," katanya.

Tidak hanya mempromosikan pariwisatanya, pihak akan bekerjasama dengan beberapa lembaga lainya untuk dapat mendapatkan para wisatawan. Peningkatan-peningkatan sendiri akan terus digenjot pada tahun 2019 ini.


"Kami akan melakukan promosi keluar dan dalam negeri sendiri dan akan meningkatkan ini.
Kami akan meningkatkan industri pariwisata travel, pemandu, hotel, kami akan tingkatkan dan menjadi strategi kami pada tahun 2019 ini. Dan mudah-mudahan ini akan terlaksana dengan baik," katanya.

Hidayati juga menyampaikan, bahwa sampah adalah masalah utama bagi pariwisata, lantaran masih ada para wisatawan Nusantara dan mancanegara yang peka akan kepedulian cinta lingkungan. Tetapi, pihaknya ke depanya untuk di Danau Toba dan beberapa tempat lainya akan bekerjasama dengan beberapa investor pada bagian pengolahan sampah.

Sampah-sampah itu nantinya akan dimanfaatkan, entah itu untuk bahan bakar atau kerajinan tangan. Prihal ini juga akan dapat menguntungkan masyarakat yang tinggal dekat dengan tempat wisata tersebut.

"Tapi sebagai dinas pariwisata, akan melakukan pengelolaan sampah nantinya, agar sampah yang berada di tempat-tempat wisata dapat dikelola. Kami akan kerjasama dengan investor dalam negeri dan luar negeri.
Kegiatan ini juga akan mendatangkan upaya lebih kepada masyarakat, masalah sampah ini sebenarnya yang paling serius dalam dunia pariwisata," ujar Hidayati.

sumber: http://medan.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wisatawan Mancanegara ke Sumut Menurun, Hidayati Ungkap Strategi Disbudpar yang Dilakukan ke Depan"

Post a Comment